April 11, 2018

5 Hal Yang Terjadi Seandainya Indonesia Pecah

Mungkin sekarang ini sudah mulai viral bagaimana keadaan bangsa dan negara kita ini yang bisa dibilang hampir terjadi desentralisasi akibat dari faktor ketimpangan sosial dan gejolak politik maupun lainnya. Namun menurut arti sebenarnya bangsa indonesia tentu hal ini hanyalah sebatas opini belakang mengingat negara indonesia adalah negara yang bisa bersatu. Negara indonesia memang sangat dikagumi oleh para negara tetangga karna kerhamonisannya dan keberagamaannya.


Maka dari itu kita sebagai anak bangsa juga harus memilihara kemerdekaan kita sesuai dengan harapan para bapak pendiri bangsa. Namun dapat kita renungkan pula bagaimana seandainya indonesia pecah menjadi beberapa negara bagian dan memerdekakan daerahnya sendiri?tentu kita akan merasa sangat kecewa dan membuat malu para tokoh pendahulu bangsa. Berikut ini team netsozone akan paparkan seandainya indonesia terpecah akan terjadi hal berikut ini. Tolong simak baik baik mungkin

1.)Indonesia Tidak Akan Jadi Negara Multikuktural Terbesar

Sudah banyakjpgajarkan di sekolah atau di internet bahwa ternyata adalah salah satu negara multikultural terbesar didunia bahkan indonesia tercatat sebagai negara yang memiliki bahasa terbanyak no 2 setelah Papua Nuigini. Hal itu tentunya wajar kalau di Indonesia memiliki barbagai suku yang memiliki banyak sekali kebudayaan dan bahasa. Bila dibandingkan dengan negara lain mungkin negara lain lebih sedikit sukunya terhadap indonesia. Apabila negara sudah terpecah belah maka bangsa indonesia tidak muncul dan dikenal sebagai bangsa multikultur terbesar didunia dan identitas keberagamaan bangsa indonesia baik suku ras budaya agama tentunya akan sirna dimata dunia.

2.)Indonesia Raya Dan Pancasila Sudah Bukan Identitas Bangsa

Mungkin kita dari sekolah sudah diajarkan Tentang bagaimana perjuangan bangsa indonesia untuk menjadi bangsa yang merdeka dan syah dimata dunia. Salah satunya adalah perjuangan untuk menyanyikan lagu indonesia raya. Bahkan untuk menyanyikannya pun harus sembunyi agar tidak diserang penjajah. Bersama rasa haru indonesia raya adalah lagu nasional dan identitas bangsa. Selanjutnya yaitu mengenai ideologi kita yaitu pancasila. Indonesia juga merupakan negara yang tidak tanggung2 memihak diantara kedua idelogi bangsa lain mengenai sosialisasi dan kapitalis karna sistem demokrasi bangsa kita adalah demokrasi pancasila. Terlebih lagi bagaimana dengan semboyan berabad abad lalu mengenai "Bhineka Tunggal Ika" yang masih dipertahankan kalau indonesia sudah dipecah. Malu kita sebagai bangsa yang mengecawakan para pendirian bangsa yang rela demi ta

3.)Papua Jadi Negara Kaya Namun SDM Sangat Rendah

Bila dibandingkan dengan negara lain papua adalah wilayah nan jauh ditimur indonesia. Siapa lagi yang tidak kenal dengan tambang terkenalnya kalau bukan freeport. Selain itu kini papua sedang dikebut dengan berbagai proyek agar tanah air papua bisa sejajar dan mampu mengejar ketertinggalan dengan wilayah lain. Justru bagaimana dengan peristiwa apabila indonesia terbelah dan Papua merdeka. Tentu hal ini sangat mengecewakan lagi bagi lara pejuang kita dulu. Ingat saja bagaimana perjuangan bangsa terutama Ir Soekarno dalam mengarahkan segala upadaya menyelamatkan Papua cengkraman. Hal ini mungkin sudah terlewatkan bagi kita sebagaimana sosok pejuang tanpa lelah untuk Papua. Ingat papua juga saudara dan sebangsa. Maka dari itu mungkin saja setelah merdeka akan terombang ambing kembali mengingat Papua adalah provinsi negara yang masih mengejar ketertinggalan.

4.)Wisata Ke Bali Akan Sangat Mahal Karna Bervisa


Jauh dari gejolak politik mari kita sandingkan tentang sektor kepariwisataan khususnya Bali yang sudah dikenal oleh mancanegara. Bahkan sampai sampai mancannegara sendiri sudah mengenal bali namun tidak tahu dimana letak indonesia,?? . Bagi warga negara indonesia yang sudah ada pada kondisi negara indonesia yang terpecah belah mungkin Bali (yang sudah merdeka) akan menerapkan Visa dan tentunya bali akan makmur dan mengalahkan central indonesia atau pulau jawa sendiri. Memang pada hari ini kita bisa menikamati stydi tur saat kita SMP SMA namun bagaimana dengan anak kita dan cucu kita. Tentunya mereka akan mendapatkan sensasi berbeda dengan Bali dan tidak bisa mendapatkan keramahan pada era dulu bergabung dengan indonesia.

5.)Jawa Sebagai Wilayah Murni Negara Indonesia


Setelah berfikir dan merenungkan peristiwa terpecah belahnya bangsa kita,kita akan berfikir ulang? Lantas wilayah mana yang masih dipertahankan simbol kenegaraan Ibu Pertiwi. Mudah saja pasti jawabannya jawa karna dijawa sudah menjadi sentran indonesia dan dari situlah mengapa banyak wilayah luar indonesia yang iri dengan jawa. Maka dari itu banyak wilayah luar jawa yang ingin memerdekakan diri sebagai mosi kekecewaan terhadap negara atas diperlakukannya jawa sebagai pusat utama. Namun hal itu tidak sepatutnya benar mengingat kini pemerintah pusat membuat kesetaraan diberbagai wilayah negara masing masing khsusunya daerah paling timur atau Papua. Dari dulu memang papua jadi incaran negara untuk memajukan kesejahteraan dan kemakmuran disana mengingat kini Papua sedang kritis berbagai bidang kecuali alam.

Semoga saja apa yang saya sampaikan diatas dapat menjadi pembelajaran bagi kita sebagai bangsa yang luhur yang mampu membuat dunia bangga memiliki kita. Cita cita bangsa selama 100 tahu pada tahun (2045) harus menjadi fakta dan bukan hanya wacana. Sekian terimakasih hanya itu sekedar artikel biasa yang saya sampaikan. Semoga indonesiaku berjaya. Saya cinta tanah air,saya cinta bangsa, saya cinta negara saya karna saya anak indonesia. Sampai jumpa.....

Sumber Gambar
https://fvmstatic.s3.amazonaws.com/maps/m/ID-EPS-02-4001.png
https://img00.deviantart.net/7df0/i/2015/122/c/f/garuda_pancasila_by_onmyown88-d2kdj16.jpg
static.asiawebdirect.com/m/bangkok/portals/bali-indonesia-com/homepage/pagePropertiesImage/bali-guide.jpg

0 komentar

Post a Comment